Segala puji syukur saya panjatkan kehadirot tuhan yang maha esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini.
Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PSIKOLOGI ini. Yang bertujuan dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan.
Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.
ABSTRAKSI
ilmu
yang harus dimiliki warga Negara dan masyarakat untuk selalu menghadapi realita
realita sosial yang di tujukan oleh perilaku mahluk sosial , dan mengetahui
sebagian prinsip prinsip dan proses tingkah laku tiap individu di strata
masyarakat yang berkembang di lingkungan. Melalui
ilmu-ilmu sosial dikembangkan bidang-bidang ilmu tertentu sesuai dengan aspek
kehidupan sosial masing-masing. Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai bidang
pendidikan, tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial,
melainkan lebih jauh dari pada itu berupaya membina dan mengembangkan peserta
didik menjadi sumber daya manusia yang berketerampilan sosial dan intelektual
sebagai warga masyarakat dan negara yang memiliki perhatian secara kepedulian
sosial yang bertanggung jawab.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Abstraksi
BAB I Pendahuluan
1.1
Pentingnya Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang Pendidikan
………..1
1.2
Pengertian IlmuSosial Dasar …………………………….………….2
BAB II Isi
2.1 Tujuan
Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang Pendidikan……………..3
BAB III Penutup
3.1 Kesimpulan
…………………………………………………………..4
Daftar Pustaka
Ilmu Sosial Dasar Di Bidang Pendidikan
v Pentingnya Ilmu Sosial Dasar Dalam sebagai Program
Pendidikan
Perkembangan hidup seseorang
hakikatnya mulai dari saat dial lahir sampai
menjadi dewasa, tidak terlepas dari
masyarakat. Oleh karena itu pengetahuan sosial
dapat dikatakan tidak asing bagi
setiap orang. Kehidupan sosial manusia di
masyarakat beraspek majemuk yang
meliputi aspek-aspek hubungan sosial, ekonomi,
psikologi, budaya, sejarah, geografi
dan politik. Karena tiap aspek kehidupan sosial
itu mencakup lingkup yang luas,
untuk mempelajari dan mengkajinya menuntut
bidang-bidang ilmu yang khusus.
Melalui ilmu-ilmu sosial dikembangkan bidang-bidang
ilmu tertentu sesuai dengan aspek
kehidupan sosial masing-masing. Ilmu
Pengetahuan Sosial sebagai bidang
pendidikan, tidak hanya membekali peserta didik
dengan pengetahuan sosial, melainkan
lebih jauh dari pada itu berupaya membina dan
mengembangkan peserta didik menjadi
sumber daya manusia yang berketerampilan
sosial dan intelektual sebagai warga
masyarakat dan negara yang memiliki perhatian
secara kepedulian sosial yang
bertanggung jawab. Kehidupan di masyarakat dan
bermasyarakat yang terus berkembang,
menjadi landasan bagi pengembangan Ilmu Sosial Dasar
sebagai bidang pendidikan yang
disesuaikan dengan perubahan dan tuntutan
kemajuan kehidupan.
1
v Pengertian Ilmu Sosial Dasar.
dalam dunia Pendidikan Dasar dan
Menengah di Negara Kita
muncul bersamaan dengan diberlakukannya
kurikulum SD, SMP dan SMU tahun
1975. Dilihat dari sisi
keberlakuannya, Ilmu Sosial Dasar disebut sebagai bidang studi “baru”,
karena cara pandangnya bersifat
terpadu. Hal tersebut mengandung arti bahwa Ilmu Sosial Dasar
bagi pendidikan dasar dan menengah
merupakan hasil perpaduan dari sejumlah mata
pelajaran .
Perpadauan ini disebabakan Ilmu
Sosial Dasar tersebut memiliki
obyek material kajian yang sama
yaitu manusia.
Dalam bidang pengetahuan sosial,
kita mengenal banyak istilah yang kadangkadang
dapat mengacaukan pemahaman.
2
v Tujuan pengajaran studi Ilmu Sosial Dasar pada bidang
pendidikan
secara umum dikemukakan oleh Fenton
(1967), adalah mempersiapkan anak
didik menjadi warga negara yang baik, mengajar
anak didik agar mempunyai kemampuan
berpikir dan dapat melanjutkan kebudayaan
bangsa. Sedangkan Clark dalam
bukunya, Social Studies in Secundary School, A
Hand Book (1973) menyatakan bahwa studi sosial dasar
menitikberatkan pada
perkembangan individu yang dapat
memahami lingkungan sosialnya, manusia dengan
segala kegiatannya dan interaksi
antara mereka. Dalam hal ini anak didik diharapkan
dapat menjadi anggota yang
produktif, berpartisipasi dalam masyarakat yang
merdeka, mempunyai rasa tanggung
jawab tolong menolong dengan sesamanya dan
dapat mengembangka nilai-nilai dan
ide-ide dari masyarakatnya (Thamrin Talut,
1980: 2 ).
Jadi tujuan utama pengajaran Sosial
dasar di bidang pendidikan adalah untuk memperkaya
dan mengembangkan kehidupan anak
didik dengan mengembangkan kemapuan
dalam lingkungannya dan melatih anak
didik untuk menempatkan dirinya dalam
masyarakat yang demokratis,
3
v KESIMPULAN
Jadi ilmu sosial dasar dapat dikatakan tidak asing bagi
setiap orang. Terutama dalam kehidupan sosial manusia dimasyarakat meliputi
suatu faktor hubungan dalam proses belajar dan mengajar. Karena tiap aspek
kehidupan sosial. Ilmu Sosial Dasar sebagai bidang pendidikan menciptakan
masyarakat yang mempunyai ilmu pengetahuan untuk berinteraksi dan
bersosialisasi terhadap individu atau kelompok masyarakat lainnya.
Daftar
Pustaka
Sumber
:
http://danangsenoputro.wordpress.com/2012/10/17/ilmu-sosial-dasar-di-bidang-pendidikan/
No comments:
Post a Comment